Usai sudah liburan setelah
wisuda, saatnya kembali ke rumah. Untuk bisa menikmati opera pantura ane harus
naik dari jakarta nih,karena liburan ane di bandung. Tanya-tanya dulu ama temen2
bismania di sekitaran jakarta armada apa yang maut dalam berlari.hehehehe. 2
hari menjelang turing kuhubungi sebut saja salah satu temen ane namanya
bondet.xixixixxixi. Setelah beberapa kali tanya ke bondet. Langsung si bondet
memberi banyak no agen dirawamangun untuk dihubungi. Dikarenakan ane harus
nganter maklhuk halus ane ke bandara soetta dulu dan penerbangannya jam 15.25
WIB. Maka dapat dipastikan ane tidak bisa ngikut armada yang langsung ke
surabaya maupun yang tujuan solo dan jogja
yang berangkat pada siang maupun sore dari rawamangun, otomatis ane nyampek
rawamangun sekitar jam 17.00 WIB. Bis tujuan sby/solo dan jogja pasti uda take
off. Maka dari itu tujuan utamanya yaitu
armada muriaan.#akurapopo. Dikarenakan armada muriaan berangkat setelah magrib
dan isya. Pilihan diantaranya antara lain ada nusantara, shantika, bejeu, muji
jaya, madu kismo, pahala kencana dan haryanto. Nusantara uda pernah bareng ns11
dan gak mau ngulangi lagi,hehehe. Bejeu pernah bareng L5 rk jess, mw bareng
shantika tapi ada sekat di depannya,jadi agak ragu, mau bareng haryanto uda
males karena uda pernah nyoba artisnya si la samba, madu kismo juga masih ragu
karena armadanya rolingan. Akhirnya ane telpon agen muji jaya dan tanya untuk hari
berikutnya armada apa yang jalan, dan ternyata yang jalan MD 088. (kebetulan ane
udah lama ngidam tapi baru kali ini keturutan,sebelumnya selalu gak pernah pas
bareng MD 088). Tanya lagi apakah duet pak agus dan pak bambang, ternyata benar
,hehehe.kalau rejeki gak kemana.hehehehehe. langsung pesen seat depan ke
mbaknya,kalau gak depan gak mau naik,kwkwkwkwkwkwkwkwk,akhirnya dapat seat no
4.
Hari H untuk turing berarti ane
harus ke jakarta dulu dari bandung, setelah tanya-tanya yang recomend travel
dari bandung ke jakarta dan akhirnya pilihan jatuh pada Xtrans (karena deket
dengan hotel menginap, tinggal naik angkot sekali) agennya di daerah cihampelas
200 m setelah cihampelas walk. Sebenarnya ada beberapa pilihan travel, ada
cipaganti namun harga ternyata mahal di kisaran 140ribu rupiah, day trans tidak
ada yang langsung ke soetta. Xtrans tarifnya 120ribu rupiah.bilang aja
mahasiswa atau pelajar kena potongan 10ribu rupiah (lumayan buat makan sekali
kan di warteg) 2,5 jam perjalanan dari bandung ke soetta,
Setelah mengantar maklhuk halus
ane ke soetta saatnya ane meluncur ke rawamangun dengan naik damri bandara yang
bertujuan rawamangun. Tarif damri bandara ke rawamangun 30ribu rupiah. Dengan 45
menit-1 jam perjalanan. Tepat pukul 16.30 WIB ane nyampek terminal rawamangun. Hujan
gerimis merdu menyambut ane di terminal rawamangun, langsung bbm bondet untuk
menemani hunting di rawamangun, kebetulan si bondet jam 16.30 WIB pulang kerja. Bondet
pun datang dan langsung ke soto pak mul, ternyata habis ludes soto pak mul, acara
makan pun di alihkan ke soto seberang terminal. Setelah kenyang langsung
merapat ke agen muji jaya, langsung melunasi tiket yang kala itu dijual 170ribu
rupiah. (muriaan emang rata-rata segitu kecuali nusantara).
Setelah melunasi langsung
melihat-lihat ada armada apa aja yang nongkrong di rawamangun petang ini, paling
belakang ada 2 pahala kencana di agennya, dibaris terdepan ada gunung mulya dan
safari juga damri tujuan ponorogo (entah mengapa hingga jam 17.00 lewat belum juga berangkat. Ada juga OBL
tujuan jogja juga belum berangkat, kemudian datanglah rosalia indah dengan 1626
jetbusHD kelas SE tujuan solo dsk (sebenarnya pengin nyoba ini tapi melihat
seat depan uda terisi semua, jadi urung naik ini armada -_-). Masuk lagi rosalia
indah kelas exe tujuan purwokerto juga dengan 1626 body jetbusHD. Sudah stand
by beberapa sinar jaya, 1 rk8 new celcius milik handoyo dan lorena skyliner.
Tak lama kemudian datanglah
beberapa armada muriaan, 2 haryanto datang dengan HR 90 dan HR 96, nusantara
dengan blue pearl NS 17 dan black pearl SE NS 04 kemudian disusul dengan raja
jalanan dengan mesin jahat, eh besar si NS 01 K380i. 3 bejeu datang beruntun
dengan skorking dan skorlinernya. Datang juga shantika dengan livery biru putih
elegance dan livery polisinya. Hingga pukul 17.45 wib tunggangan ane belum
masuk juga, takut kalau perpal atau diganti dengan armada yang lain, tidak lama
kemudian ijo datang dan ternyata emang MD 088. Langsung aja jeprat jepret
dengan 1525 sangar ini, wkwkwkwkwkwkwk.
Jam sudah menunjukkan pukul 18.30
WIB satu per satu bis muriaan meninggalkan rawamangun, yang pertama yaitu 2
nusantara, 3 bejeu disusul dengan 2 haryanto, baru si MD 088 yang
berangkat, klakson teloletnya menandakan bis akan segera berangkat, si bondet
pun mengantar kepergian saya ke kota jepara, si bondet sebenarnya sudah ke
jepara duluan 2 hari sebelum saya bareng nusantara. Berangkat dengan membawa penumpang
kurang dari 20 orang.
Masuk ke interior MD 088, interior masih terkesan masih lama dibanding bis-bis muriaan yang baru-baru, namun interior lama di upgrade dengan tutup bagasi atas. Kebersihan bis ini sangat mendapat jempol, parfum selalu di cek dan sebelum berangkat barang yang sekiranya menimbulkan bunyi pasti disuruh untuk menaruhnya agar tidak berbunyi dan tidak mengganggu kenyamanan penumpang. Masuk ke toilet, meski bis ini tergolong bis lama namun urusan toilet bis ini sangat terawat dan bersih. Dan satu lagi yang menjadi daya tarik bagi penumpang adalah jumlah seat yang hanya 30 seat, lebih lega dibanding kompetitornya manapun bis muriaan. Bisa dibayangkan gimana luasnya kaki anda selonjor. Minusnya tidak mendapat snack, entah nasib atau apa namanya setiap ane naik armada muriaan engga pernah dapet snack, wkwkwkwkw. Seat yang sama seperti NS 04 besar dan empuk, intinya nyaman dan selonjor.
Masuk ke interior MD 088, interior masih terkesan masih lama dibanding bis-bis muriaan yang baru-baru, namun interior lama di upgrade dengan tutup bagasi atas. Kebersihan bis ini sangat mendapat jempol, parfum selalu di cek dan sebelum berangkat barang yang sekiranya menimbulkan bunyi pasti disuruh untuk menaruhnya agar tidak berbunyi dan tidak mengganggu kenyamanan penumpang. Masuk ke toilet, meski bis ini tergolong bis lama namun urusan toilet bis ini sangat terawat dan bersih. Dan satu lagi yang menjadi daya tarik bagi penumpang adalah jumlah seat yang hanya 30 seat, lebih lega dibanding kompetitornya manapun bis muriaan. Bisa dibayangkan gimana luasnya kaki anda selonjor. Minusnya tidak mendapat snack, entah nasib atau apa namanya setiap ane naik armada muriaan engga pernah dapet snack, wkwkwkwkw. Seat yang sama seperti NS 04 besar dan empuk, intinya nyaman dan selonjor.
Di bawah hujan
rintik-rintik lagu mp3 peterpan di alunkan dan MD 088 mulai menyusuri kota
jakarta dan perlahan memasuki tol dalam kota, petang ini agak padat dikarenakan
banyaknya orang yang pulang kerja, jadi bis dipacu kalem-kalem saja, dibawah kendali
bapak agus sebagai driver pinggir. Tak berapa lama bis sudah memasuki tol dalam
kota dan siap menuju tol cikampek, tak butuh waktu lama MD 088 untuk
menunjukkan kemampuannya kepada ane, langsung saya si saphira hr 90 di over
take di tol dalam kota, dan tak ada tanda-tanda pembalasan dari hr 90. Langsung
wuzzzz.....
Padatnya tol dalam kota menuju
tol cikampek menyebabkan bis tidak melaju kencang namun berjalan santai,
beberapa kali MD 088 di over take oleh bis-bis daerah setempat seperti DMI, luragung
jaya dll. Namun pak agus tetap santai sambil mendengarkan mp3 dari peterpan
yang mengalun tidak terlalu kencang. Tiba-tiba dari belakang dim terlihat
terang dan wuzzzzz...si NS 01 dengan mudahnya meng over take MD 088 tanpa
ampun, ane pun hanya geleng-geleng, di ramenya jalan NS 01 masih bisa meliuk-liuk
lincah. (busyet dah), tak berapa lama giliran si NS 04 menirukan gaya NS 01 meng
over take MD 088. (haduh, sempet juga ane update status bbm gara-gara di OT 2
bis scania tadi) setelah kejadian itu pak agus mulai mengikuti lari NS 04 dari
belakang. Kemudian belok kiri entah lewat mana yang pasti tidak melalui simpang
jomin. Jalanan yang kecil dan berlubang membuat beberapa bis yang melalui jalan
ini harus berjalan pelan. Ada beberapa bis di depan MD 088 ada DMI, sinar jaya. Jalan yang berlubang membuat bis harus ekstra pelan dan penumpang dipaksa untuk
merasakan air suspension bis, untung saja air suspension MD 088 ini masih
empuk, layaknya bergoyang di air dalam kapal, mak sliyut sliyut gurih
nyoi. hahahahahaha...di padat merayapnya jalan yang berlubang tiba-tiba
dikejutkan dengan beraninya driver bejeu BE 08 skorliner yang langsung memotong
jalur MD 088. Tak berapa lama bejeu tsb langsung ngacir hilang di depan (patut
dicoba juga tuh bis).
Jalanan padat merayap hingga keluar jalan raya pantura. Disini
bis mulai bisa dipacu dengan kencang namun beberapa kali harus mengerem
mendadak karena kondisi jalan daerah indramayu banyak berlubang. Disini MD 088
beberapa kali meng OT sinar jaya, dewi sri, luragung jaya dan handoyo. Pak agus
ini ternyata mempunyai tipikal driver yang sering menggunakan klakson,
dikit-dikit klakson dikit-dikit klakson,hehehehehe, kadang-kadang pun teloletnya harus dipakai.
Bis dipacu berjalan rata-rata 60-80
km/jam dan lancar, namun lagi-lagi MD 088 harus rela di asepin NS 01 dari sisi
sempit kiri (wah, berarti kumpulan NS tadi lewat simpang jomin, kok masih
berada di belakang MD 088). Pak agus pun tak menghiraukan NS 01 yang gayanya
ingin mengajak berlari di pantura.
Tak jauh dari di asepin NS 01 jalanan macet
padat merayap. Di depan MD 088, bejeu BE 08 buka jalur dan pak agus pun ngekor
dibelakang bejeu, lampu rotator pun dinyalakan, disisi kiri kemacetan banyak
terjepit antara lain NS 01, pahala kencana, sinar jaya, raya, malino putra, bandung
express. Sambil tersenyum pak agus bilang”la kuwi nusantara e kejepit” ane dan
kondektur kala itu diisi pak kardi langsung tertawa (hag hag hag).
Tak berapa
lama jalanan kembali normal dan bis kembali ke jalur yang seharusnya, dan
kemacetan terjadi karena adanya buka tutup jalan akibat perbaikan jalan. Tak berapa
lama MD 088 lagi-lagi di OT NS 01 kali ini tetap disisi kiri jalan, namun tak
berapa lama NS 01 berhasil di asepin balik oleh MD 088 di jalanan yang lumayan
rame. Kali ini skill pak agus lebih mumpungi di jalanan yang rame.
Beberapa kali
ngasepin sinar jaya namun sinar jaya body panorama ini sedikit susah untuk ditaklukkan karena tau akan di asepin sinar jaya ini malah memberi perlawanan sengit, butuh lama untuk bisa meng OT sinar jaya ini,
MD 088 melaju stabil, tiba-tiba dari sisi kanan
shantika elegance dengan tulisan the president di kaca sampingnya dengan mudah
meng OT MD 088. Kenceng juga ini bis setelah melewati MD 088 bis ini terus
bergoyang ke kanan dan kiri mencari celah untuk terus berlari. Pak agus pun
segera ngekor dibelakang shantika tadi. Nampak di depan shantika ada beberapa
bis untuk diajak berlari, ada juga haryanto entah HR berapa (liverynya seperti
new tatto tapi gak yakin soalnya bis gak sempet OT bis yang ada di depannya)
tak lama kemudian MD 088 yang masuk ke RM uun. Sekitar pukul 20.30 an masuk RM
uun udah ada beberapa gerombolan pahala kencana, 1 santoso dan 1 muji jaya
berliveri orange(kayaknya jatah PG)dengan body jetmarco.
Nyampek RM berarti waktunya untuk
makan, yummmmy. Gak perlu nunggu penumpang lain bangun langsung aja ke tempat
dimana makanan harus di ambil. Kali ini ngambil nasi,1 potong
ayam,sayur(rasanya pahit),krupuk,sambel ijo(mantab) dan teh hangat. Untuk rasa
makanan untuk RM uun ane rasa kurang enak dibanding dengan RM daerah indramayu
lainnya. Setelah kenyang menyempatkan diri hunting beberapa bis yang nangkring
di RM ini.....
20 menitan bis berhenti untuk
istirahat dan melanjutkan perjalanan, untuk diketahui bis-bis muriaan kalau
istirahat makan crew hanya menyalakan lampu dan jarang mengisyaratkan dengan
omongan untuk turun makan, bagi yang ketiduran lelap bisa bahaya nih,hehehe,
beda dengan bis-bis divisi malang/sby atau solo/jogja. Bis kini dibawah kendali
mas bambang (dalam hati wah ini baru namanya melek an.hahahahaha). Pak kardi
menyalakan film preman in love, gimana gak ketawa seluruh penumpang nonton film
ini, kalau gak percaya coba tonton sendiri gimana aksi vincent. hahahahahahaha. baru
keluar RM uun bis sudah di OT zentrum jetbus livery bola dunia biru 1526 dan
madu kismo rk8 skorliner. Jalanan di depan RM uun masih banyak yang berlubang
jadi bis dipacu santai, beberapa kali bis harus montang manting ke kanan kiri
untuk menghindari lubang, beberapa kali juga bis masuk ke lubang dengan suara
lumayan keras, ibu-ibu disamping ane sampe-sampe beberapa kali bilang”mbang
mbang pelan mbang” sepertinya uda kenal dan langganan ini sama mas bambang ibu
sebelah ane,hehehehe.
Melewati RM barokah indah
beberapa bejeu masih beristirahat dan tempat bis shantika sudah kosong
melompong berarti bis shantika sudah pada jalan duluan. Bis pun dipacu mulai
kencang karena jalanan sudah lumayan bagus untuk berlari. Tanpa kesulitan,
beberapa sinar jaya di lahap, kini giliran dieng indah skorking kuler dan bis parwis di lewati, kumpulan sinar jaya dan sumber alam di lewati juga, sumba putra ikut jadi korban, tak berapa lama
madu kismo yang tadi meng OT MD 088 sudah tampak di depan.
Dan di
depannya lagi ada NS 17 dan di depannya lagi ada zentrum bola dunia biru dan di
depannya lagi (banyak kan :p) ada handoyo dengan AK nya.
Lama mengekor di
belakang madu kismo skorliner membuat madu kismo ini goyah dan memberikan
tempatnya untuk MD 088, lanjut mengincar si NS 17 dengan blue pearl nya. Beberapa
kali mencoba menyodok namun jalanan yang ramai memaksa MD 088 harus sabar
mengekor terus dibelakang NS 17. NS 17 berhasil meng OT zentrum bola dunia biru
1526 dan handoyo AK yang setia dengan body marco new armadanya. Begitu juga
dengan MD 088 ngikut juga,hehehehehe.
Niat diri ingin meng OT NS 17 juga tapi
MD 088 salah jalur dan berada di belakang truk ganteng alhasil, harus rela di
asepin madu kismo skorliner rk8.hufth...... konvoi pun terus berlanjut hingga
menjelang tol pejagan, sebelum masuk tol terdapat pertigaan, di depan MD 088
madu kismo dan NS 17 mengambil arah ke kanan sedangkan MD 088 mengambil
inisiatif ke arah kiri lewat jalan kampung nan sepi. Jalur yang dilalui madu
kismo dan NS 17 terlihat memang lebih ramai. Bis melaju sangat kencang disini,
di kecepatan 100 km/jam (ane intip sih spidonya). Jalanan yang sepi membuat bis
berjalan kencang dan lancar. Akhirnya bertemu dengan pertigaan lagi yang
menyatukan jalur kanan dan kiri tadi, pas pertigaan madu kismo melaju lebih
dulu, baru MD 088 mampu mengambil alih tempat NS 17, hehehehehe...
Memasuki pintu tol pejagan MD 088
berbarengan dengan NS 17, madu kismo skorliner, handoyo dan NS 01.melihat arah
sebaliknya banyak bis mengantri di tol ada pahala kencana, madu kismo, zentrum
MK, harapan jaya, gunung harta, jaya, handoyo, kramat djati, lorena, OBL,
rosalia indah dll. NS 01 dan NS 17 lepas lebih dulu, MD 088 lepas bareng dengan
handoyo rk8 livery warna abu-abu body new celcius. Tak butuh waktu lama
menaklukkan handoyo rk8 ini dan ternyata di depannya ada handoyo rk8 new
celcius livery warna cokelat. Dua-duanya langsung di OT dengan mudah.jalanan
lurus dan panjang membuat 1525 ini harus dipacu maksimal agar mampu mengimbangi
lari dari rk8 apalagi scania. Jauh dari kejaran handoyo MD 088 ini di asepin
dengan mudah oleh NS 04, MD 088 kali ini tidak bisa berbuat apa-apa di jalanan
lurus dan panjang jika melayani ajakan berlari mesin swedia yang biasa disebut
SCANIA. Dalam hitungan detik NS 04 hilang di depan. Tak lama kemudian di depan
tampak shantika elegance yang tadi mengasapi kami di indramayu, tak lama juga
shantika ini menyalakan sein kiri untuk mempersilahkan MD 088 melewatinya.
Kumpulan
sinar jaya banyak di OT disini.
Di depan tampak NS 04 namun terkesan
mengisyaratkan untuk menepi, NS 17 dan NS 01 pun ikut menepi, alhasil MD 088
dengan mudah mengasapi ketiganya,kemungkinan adalah NS 04 trouble dan NS
lainnya ikut membantu.
Dari belakang dim menyala ternyata handoyo abu-abu rk8
ini tidak menyerah begitu saja, MD 088 diasepin dan di depan MD 088 handoyo ini
banting kanan kiri seperti ingin balas dendam dengan MD 088,hehehehehe (orang
jawa bilangnya mencolot mencolot).namun tak berapa lama handoyo ini mampu di OT
kembali di track lurus panjang.
Keluar pintu tol pejagan MD 088 beriringan
dengan pahala kencana entah nopol berapa yang pasti dari tadi ngekor mulu di
belakang MD 088. Skill mas bambang sangat ajib melahap pantura, ladju prima
yang jalan beriringan dengan raya dan zentrum dengan mudah dilewati. Prayogo pun
tak lewat untuk di OT. Nampak juga madu kismo skorliner silver di asepin.
kini
mampu memimpin pertarungan(untuk sementara)namun setengah jam kemudian NS 01 lagi-lagi meng OT MD 088. (busyet
pantang menyerah ini bis). Tak lama kemudian MD 088 berhenti sejenak untuk
istirahat ngopi di agen pinggir jalan, muji jaya jetmarco sudah nangkring
duluan disini. Pahala kencana yang dari tadi ngekor MD 088 melewati santai. Sekitar
10 menit berhenti, bis kembali melanjutkan perjalanan, tak jauh dari tempat
agen muji jaya jetmarco orange di OT MD 088 dan pahala kencana yang tadi
melewati MD 088 saat istirahat sudah terlihat berhenti di tempat agen pahala
kencana di kiri jalan. Skill driver mas bambang sangat sangat kelas wahid, bis
selalu dipacu berlari, aksi jilat sapi sering dilakukan, sodok menyodok terus
diperagakan sepanjang perjalanan. Memasuki alas roban mas bambang memilih
melalui alas roban dan masuk ke RM sendang wungu sekitar pukul 00.30 wib melalui
pintu belakang bukan pintu depan, disini cecker dilakukan. Ada banyak bis
sedang istirahat makan disini ada beberapa kumpulan zentrum.
5 menit cecker dan disini
pergantian driver dilakukan pak agus kembali memegang kendali. Bis dipacu
berlari sedang dan melewati RM sari rasa kumpulan rosalia indah dan harapan
jaya nangkring disana. Disini tidak ada lawan namun bis tetap dipacu kencang
berlari sesekali yang ada hanya garuda mas dan handoyo falcon. Tepat pukul
04.30 wib bis parkir di samping jalan untuk melaksanakan sholat subuh di daerah
mangkang. Setengah jam berhenti dan melanjutkan kembali perjalanan.tepat pukul
06.00 memasuki terminal kudus, berhenti ngisi solar di pom sekitar 20 menitan
di kudus.
Dijalanan kudus ke jepara beriringan dengan NS 17, NS 04, dan
shantika elegance. Dan finish di
terminal jepara pukul 07.15 WIB.
Sampai di terminal jepara ane
langsung cari warteg untuk mengisi kekosongan perut karena semalam menonton
live bioskop 4D MD 088,hehehehe.. Setelah kenyang langsung mencari bis untuk ke
surabaya, ane sudah memperkirakan untuk naik skorliner rkjess nya indonesia, dan
benar yang nangkring disana ada 2 bis indonesia, ada skorliner merah dan galaxy
exl biru. Akhirnya pilihan jatuh pada skorliner merah dengan plat 7689 yang uda
ane dambakan untuk ditumpangi. Merupakan bis baru dan masih kinclong di
interior dan eksteriornya. Dengan seat rimba kencana sudah memnuhi standart
kelas bis patas. Seat sekitar 44 seat. Namun reclening seatnya tidak bisa
digunakan.
Tak butuh lama bis langsung take off dari terminal jepara dan
langsung menuju ke surabaya, sempet mampir sebentar di terminal kudus.
Dan di perjalanan ke kudus masih
sempet bertemu dengan bejeu yang jam segini baru nyampek kudus.hehehehe. cepat
MD 088 kan,xixixixixxi. Dan bis langsung cuzz ke surabaya. Tarif dari jepara ke
gresik/surabaya adalah 85ribu rupiah plus makan di daerah tuban di RM rasa utama.
Bis ini bermesin RK namun tidak dimaksimal sehingga terkesan menaikki kuler,
berjalan santai namun bis ini lebih mendingan dari pada bis indonesia patas
yang lain yang pernah ane naikki, yang ini lumayan berani berlari daripada yang
pernah ane naikin sebelumnya.hmmmm... karena ane rasa kurang greget ane lebih
memilih untuk tidur aja. Ngambil masker dan tidur(kalau mangap kan gak ada yang
tahu.wkwkwkwkwkwkwk) sempet bangun beberapa kali namun rumah makan tak kunjung
sampai. Pukul 13.00 wib bis memasuki parkiran RM dan disitu sudah nangkring
duluan skorking biru dan galaxy exl biru. Untuk rasa di service makan bis
indonesia tidak prasmanan, udah memenuhi syarat sih khusus bis patas. Gak kenyang
namun bisa mengganjal perut. Makanan yang bisa dipilih ada rawon,soto dan nasi
campur dengan minuman teh hangat. Tepat pukul 14.30 WIB ane turun di pom bensin
mbunder gresik.Caaaaaooooooo
2 komentar:
Salam kenal. Klo blh saran, coba sekali2 test bis Sindoro satriamas. N klo bsa akrab sm supirnya sampein sekalian bisnya dipasang wifinya mas. Trma ksh.
salam kenal juga mas kun prast,
siap mas next trip diusahakan bareng PO Sindoro Satriamas
Posting Komentar