Jumat, 25 Oktober 2013

Semua karena 1626 pahala kencana


Sudah usai sudah bertamasya ke kota tercinta Jogjakarta bersama maklhuk halus, eh bukan,  pacarku dunk, hehehehehe... Puas sudah empat hari memutari kota yang kaya akan seni ini, saatnya ke Jakarta aku kan kembaliiiiii (gaya koes plus) weeiitttt, kebalik bacanya “ kembali ke Jakarta maksudnya -__-  

      Ayoooo panasin aspal pantura, itulah yang ada di benakku ketika hasrat touring sudah membara. Seorang Bismania pasti naik bis dunk bukan naek andong,hoho.2 hari lagi adalah hari H untuk ke Jakarta. Saatnya berselancar ria via wifi yang terpasang di hotel di deretan malioboro yang aku inapin, Hotel murah sih tp ada wifi nya, cukup merogoh saku 150 ribuan sudah bisa menikmati fasilitas kamar nyaman, wifi, TV, kamar mandi dalam dan yang terpenting adalah AC. Karna dirumah gk ada AC , Maklum wong ndeso mas.
1 jam, 2 jam, hingga larut malam terus berselancar wuzzz, ternyata banyak pilihan untuk trayek jogja-jakarta. Sebenarnya saya adalah E3 mania sang pemanah asal Muntilan, tapi kali ini pgn jg ngrasain jagoan lainnya. Ada beberapa pilihan seperti Maju lancar,Santoso,PK vip,Ramayana seri E dan B,KD vip,Rosin exe dan SE, OBL exe dan SE,Lorena exe,Sinar jaya patas ac, Dieng Indah patas,Handoyo vip,Sumber Alam patas,dll. Pilihan teratas saat itu ada OBL SE dan rosin SE tp setelah beberapa kali mendengar kabar kurang sedap seperti jok udah doll, SE berasa exe, dan larinya yang kayak keong keladi. Mengingat saya pecinta bis yang recomend ngeblong. Meng klik laptop berkali2 akhirnya satu jendela mozilla ku membuatku terpana. Dia adalah PK kelas exe (bukan VIP loh) yang baru buka line jogja-jkt sekitar sebulan yang lalu. Berlivery nano nano berdapur pacu MB OH 1626  ber airsuspension dengan balutan jetbus standart non HD adiputro. 1626 yang kala itu masih anget2nya di bicarain banyak orang,wah patut dicoba ini(dalam hatiku mengeram ngeram).

     Keesokan harinya, tepat pukul 11.00 cuzz terminal giwangan. Naik deh transjogja yang aman dan nyaman untuk menuju ke terminal giwangan dengan ongkos murahnya seharga 3000 rupiah. Transjogja ini memang tarifnya jauh dekat tetap 3000 rupiah syaratnya ketika berganti bis di shulter tidak meninggalkan shulter hingga bis berikutnya dengan tujuan anda datang.

       Sampe di terminal giwangan langsung menuju kios-kios agen bis malam di lantai 2 terminal ini. “bade tindak pundhi mas?”ucapan calo menggapai para calon penumpang.(mau pergi kemana mas?) senjata andalan yang ku ucapkan adalah “maaf mas uda punya tiket”hehehehe, bisa ditiru tuh mas-mas.Sebenarnya uda langganan ama kios pojok yang melayani ramayana,sungkan juga sih waktu di sapa”halo mas Bayu, mw kmna mas?” eeaa eeaaa... bingung beser beser dikit gtu,hahahaha. Langsung aja ku jawab, mau nganter sodara mbak,hehehe. Ngeles dikit boleh lah. Masuk ke agen PK ajak jauh dari agen ramayana,“hari ini ke Jakarta masih ada mbak?”tanyaku.”Ada mas,masih banyak,untuk berapa orang mas?”jawab mbak penjaga agen PK nya.Lalu ku jawab lagi “ sebentar mbak, PK nya kelas vip apa exe mbak?”Mbaknya menjawab”kalo dari jogja ke jakarta gak ada kelas exe adanya vip mas untuk PK,murah kok mas harganya 130 ribu sama kyk KD”.Tak mau kalah aku jawab lagi”Bulan ini PK buka kelas exe mbak untuk jurusan jogja-jakarta, kira kira mbak bisa nyariin gak?”eh tiba-tiba mbaknya nyolot”gak ada mas,saya disini jualan tiket uda lama dan gk ada PK exe yang ada vip”.yaudah deh daripada rame mending gak jadi beli disitu.Ketika akan meninggalkan agen PK tsb tiba-tiba ada ibu-ibu penjaga agen yang di sebelah seberang agen PK yang nyolot tadi mangil saya”sini-sini mas,ada yang bisa saya bantu?”celoteh ibu yang ternyata juga melayani tiket PK.”saya mau naik PK tapi kelas exe buka vip bu,bulan ini uda dibuka PK kelas exe untuk jogja-jakarta.bisnya ada di garasi janti”jawabku.Ibu itu menjawab “sebentar mas,saya telpon agen janti dulu y mas’.(sepertinya ibu ini sudah menguping pembicaraanku dengan agen PK yang sebelumnya.walah jadi malu.hehehehehe) Setelah menutup telpon ibu tsb bilang” iya ada mas baru buka kelas exe,ini ibu juga baru tau”.Akhirnya lega juga,hehehehehehe.Karna baru buka kelas exe jumlah penumpang masih beberapa biji saja, Untung hot seat masih kosong,tanpa pikir panjang,langsung booking deh,asyeeekk.
Keesokan hariny tepat pukul 14.00 saya meluncur ke terminal giwangan,jadwal bis take off pukul 14.30.Setelah melunasi harga tiket PK EXE dgn bandrol 170 rb(sbnrny sih 150 rb kl dr janti)tak apalah, yang penting mental mentul.


        Sambil nunggu si nano-nano datang,modal sebuah kamera berkeliling terminal jeprat jepret bis yang sore itu memenuhi parkiran bis malam.Sore itu dipenuhi kumpulan sinar jaya,ramayana palembangan,PK vip berjejer lurus hingga dieng indah patas ac jrusan jkt,handoyo pun turut meramaikan terminal ini,di sisi patas bis-bis seperti efisiensi,riyan transport,citra adi lancar dan eka mendominasi terminal ini.Jam sudah menunjukkan pukul 15.00 namun si nano-nano tak kunjung tiba,
Tiba-tiba warna kuning mulus mengalihkan lamunanku.Ternyata si nano berbalut jetbus adiputro berdapur pacu 1626 melintas,saya pun segera memberi tahu ibu agennya,ibu agennya mengatakan,”bukan mas,saya belum ditelpon pihak PK”,namun saya tetap menjelaskan kl kelas exe untuk PK hanya 1 x pemberangkatan,ternyata benar,ibunya jadi malu.hahahahahaha


Langsung duduk manis depan sendiri dan turun kembali untuk memotret kegemolan ini bis yg masih mulus,potret sana potret sini,cekrik cekrik,(biarin meski dilihatin byk orng)


    Kurang lebih 10 menit transit di giwangan.15.50 bis meninggalkan giwangan.Langsung disambut kepadatan pemakai jalan raya.Bis dipacu santai namun sliyut sliyut,pinter cari celah driver satu ini. Dengan berbekal air suspension kenyamanan sangat terasa,namun mungkin karena bukan jenis jetbus HD cm jetbus biasa jadi airsus nya agak kurang mentul-mentul,untuk seatnya kanan kiri sama 8 baris,kalau ingin longgar pilih yg kanan karena yang kiri harus merapat dengan adanya pintu belakang.Tidak mendapat jatah snack,laper dikit juga,hehehe.Ngambil beberapa penumpang di agen kemudian bis masuk terminal jombor sebentar.Hujan deras pun menemani perjalanan sore ini.


Setelah beberapa kali bertanya akhirnya saya mampu bercengkerama dengan driver yang berperawakan gemuk dan berwajah gak bisa sabar,(maaf ya pak) kali ini menilai orang dari luarnya,(saya suka driver-driver model gini nih..pasti ngeblong bawaannya).moga aja ya. 

     Ternyata driver ini eks metropolitan.Dan baru pertama kali ngeline bareng PK. (kok Cuma 1 drivernya) tanya dalam hatiku.Ternyata oh ternyata driver asli bis ini sudah menunggu di agen gak jauh dari terminal jombor.Pergantian driver langsung dilakukan ini batangan asli driver yang berperawakan gemuk dan lucu ini.Cara bawaknya sangat alus namun garang di jalan bung!terbukti baru masuk ring road yang padat merayap beberapa bis langsung dilahap seperti KD berbaju selendang setra RK,sinar jaya old setra king,hingga handoyo falcon AK dilibas dengan mudah.Baru beberapa jam di dalam bis sudah disuguhi atraksi menyenangkan menurut saya,jantung dibuat nyut nyutan salip kanan dengan jarak yang sangat ngepres dengan kendaraan dari arus berlawanan.

Setelah beberapa kali mampu mencuri sela-sela di kendaraan yang antri padat merayap,ketika akan menyerobot masuk barisan truk ternyata truk di depan tidak memberi celah,ahasil datang truk dari arah berlawanan dan akhirnya bis yang saya tumpangi berhenti berhadapan-hapan dengan truk dari depan yang datang dari arah berlawanan,marah-marah deh sopir truknya sambil bilang “a*u”.sambil tersenyum driver idolaku ini bilang”ra tau urip nek dalan yo kowe!”(gak pernah hidup di jalan ya kamu!”.keren kan,yuhuuu(menurutku loh)

Masuk terminal muntilan kemudian terminal magelang,keadaan jalan yang ramai membuat driver membawa bis berjalan santai berlenggok-lenggok dengan suspensinya.Begitu masuk tol bis dipacu lumayan kenceng.Namun masuk tol krapyak semarang terjadi kemacetan panjang hingga harus berhenti total sekitar setengah jam.Entah apa penyebab kemacetan parah ini.Tiba-tiba kelap kelip cepat lampu sein warna kuning dari arah belakang dan beberapa klakson dibunyikan.Wuzzz..parade bis haryanto the ocean new marco rk8,rosalia indah berbody newmarco 1525,shantika skorking scania hingga muji jaya newmarco 1526 pada buka jalur diikuti bebrap truk kecil dan mobil pribadi.Sambil menunggu kesempatan untuk ikut parade buka jalur driver yang satu ini menggertak”wasseemmm diblong haryanto piye ki”perlahan-lahan mampu menutup jalur truk mesti sedikit ada gesekan dengan sopir-sopir truk yang marah kena plentongan bis yang aku tumpangi ini,hehehe.Akhirnya sang sopir pun mampu ngekor di parade kendaraan-kendaraan yang pada buka jalur.ternyata penyebab kemacetan,truk yg selip dan melintang di tengah jalan tol,terlihat banyak korban kemacetan seperti NS04 irizar (emane.hahahaha) NS01 entah yang k310 atau k380,harjay galaxy airs,hingga ramayana penari berbody new setra kuler.”Lancar jaya”itulah kicauan sang driver setelah keluar dr kemacetan.Tidak lama kemudian bis mengisyaratkan sein kiri pertanda apa hayoo??yap benerr banget,laper dan makan asyekkk.Pukul 23.40 masuklah pelataran RM sendang wungu,diparkirlah di barisan samping RM ini bareng pk-pk yang lain.Jatah makan di RM sendang wungu sama kayak jatah makan prasmanan di kawasan gringsing pada umumnya untuk bis malam.5 menit ludes nasi di piring saya,sembari menunggu bis berangkat lagi,saya sempetkan melihat beberapa bis yg singgah di RM ini,ada lorena berbaju newmarco bertuliskan 1725 (padahal Cuma 1521) coyo yg ber seat kanan 3 kiri 1 (apa nih maksudnya,hehehehe)krng paham bermesin apa.Shantika newmarco HD 1526,kramat djati selendang newmarco bersekat dan bermesin RG.”tet tet”tanda bis mau melanjutkan perjalanan.Drivernya saya tnya “kok gak ganti pak?”dijawab “terus wae lah nek ngantuk yo minggir,”keluar senang wungu saatnya mencuci mata dulu,tolah toleh kanan kiri melihat-lihat kanan dan kiri jalan penuh dengan aktifitas bis malam yang sedang rehat untuk makan,seneng juga lihat beginian,hehehe.Jam-jam segini memang jamnya bis-bis malam ramai di pelataran RM daerah gringsing,apalagi tadi kecebak macet bareng-bareng jadi masuk RM juga bareng-bareng.Memasuki tanjakan plelen 1626 ber airsus ini mampu melahap (meski agak bersusah payah) beberapa bis seperti haryanto 76 pelukis malam rk8,KD setra RK jakarta, sinar jaya kuler(ngedennya mulai kelihatan kalo ditanjakan ini),PK newmarco 1525,lorena evobus 1521.Karna mata uda gak bisa di ajak kompromi terpaksalah tarik selimut dan rebahan di seat aldilla yang masih baru ini.Bangun-bangun jam sudah menunjukkan pukul 03.30 pagi dan bis melaju kencang sendirian di jalanan kecil dan sepertinya jalan desa,entah daerah mana, dan sopir pun udah berganti tangan ke driver pertama yang dari giwangan tadi.Sepertinya daerah indramayu dan tidak lewat jalur utama mungkin karena dapat telpon dari PK sebelumnya kalo terjadi kemacetan panjang di daerah indramayu.Wasallam tidak ada isitrahat untuk sejenak di RM UUN karena tidak lewat jalur biasanya.hemmm..Pembawaan driver yang satu ini tidak kalah seram di jalan,bis dipacu sangat kencang melaju sendirian di jalan kecil,tidak ada bis lain yang ada hanya beberap truk kecil dan mobil-mobil pribadi.Mungkin karena driver baru di PK jadi bapak ini selalu mengajak ngobrol dan membangga-banggakan kernet dan driver yang sebelumnya dan selalu banyak bertanya.(pedekate ya)hahahaha.Beberapa kali mampu meliuk-liuk di kecepatan tinggi,”lihai juga cara bawaknya”ucapku dalam hati,namun kurang smooth dari driver sebelumnya.Lagi-lagi kena damprat dari warga,dibilang lagi “sabar monyet”hahahahahahahaha pasti orang sunda nih dari logat bicaranya(mungkin kalo dijawa timur a*u ya).Ternyata tembusan jalan ini langsung ke simpang jomin,pukul 06.00 jalan mulai dipadati lalu lalang kendaraan pribadi yang akan berangkat kerja dan sekolah.Masuk tol cikampek kepadatan tidak terlalu ramai hanya beberapa bis berjalan santai seperti sinar jaya,luragung dan komplotannya dan bis-bis parwis.Kemudian masuk pom rest area tol cikampek untuk ngisi solar.Ternyata bis ini yg lebih dulu sampai di pom untuk jatah jogjaan,padahal bis ini berangkat paling terakhir dari jatah jogja.Josss plus semriwing ngeliat cara jalannya di pantura semalem.Di rest area ketemu tunggal daya phoenix entah rg ato rk,SSM jetbus livery baru 1526,sumber alam sr1 dan PK jatah semarangan 1525.Lanjut masuk ke tol dalam kota terjadilah macet dimana-mana.Hadewh.Masuk rawamangun jam 9 pagi.Ucapkan terima kasihlah pada driver dan kernetnya.
Recommend buat yang suka ngeblong jogja-jakarta
sekian dulu yaaaa

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantap masBro kisah kasihnya bersama PeKa. Eniwei, itu baris 8 cukup nyaman buat selonjoran kah? Maklum, akhir Maret nanti mau jajal ke WNI pake PeKa W5. Salam.

Unknown mengatakan...

Sorry baru balas gan, Untuk seat peka sendiri beda-beda gan, kalau pakek armada jetbus 1626 berarti tata letaknya sama kayak cerita diatas.Kalo armada jetbus 1526 beda lagi tata letaknya.kalo pengin selonjor cari seat deretan belakang sopir gan...hehehehehe..Semoga membantu gan

Posting Komentar

MEMPERKENALKAN

Traveller kere yang sedang mencari setiap celah lestarinya alam dengan mencuil modal terendah untuk meng eksplore seluruh indah dan hijaunya INDONESIA

Blog ini berisikan cuplikan beberapa perjalanan susah dan senang dalam menjajaki seluruh yang ada di Indonesia, terutama pulau jawa dsk, baik dari segi transportasi dan lingkungannya.

Semoga dengan adanya blog dari saya ini dapat dijadikan referensi ketika anda akan bepergian maupun berlibur bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan anda

Entri Populer

Translate

Wikipedia

Hasil penelusuran

Followers

Blogger templates

Sponsor by

Sponsor by
Melayani pesanan kaos bus,distro,traveling,dll dengan desain sendiri, bisa satuan maupun grosir dengan mengutamakan kualitas.Menggunakan sablon digital bukan lagi sablon manual. Info lebih lanjut hub kontak blog ini.

Thank's to

Blogger news