Sudah usai sudah bertamasya ke kota tercinta
Jogjakarta bersama maklhuk halus, eh bukan,
pacarku dunk, hehehehehe... Puas sudah empat hari memutari kota yang
kaya akan seni ini, saatnya ke Jakarta aku kan kembaliiiiii (gaya koes plus)
weeiitttt, kebalik bacanya “ kembali ke Jakarta maksudnya -__-
Ayoooo panasin aspal pantura, itulah yang ada di
benakku ketika hasrat touring sudah membara. Seorang Bismania pasti naik bis
dunk bukan naek andong,hoho.2 hari lagi adalah hari H untuk ke Jakarta. Saatnya
berselancar ria via wifi yang terpasang di hotel di deretan malioboro yang aku
inapin, Hotel murah sih tp ada wifi nya, cukup merogoh saku 150 ribuan sudah
bisa menikmati fasilitas kamar nyaman, wifi, TV, kamar mandi dalam dan yang
terpenting adalah AC. Karna dirumah gk ada AC , Maklum wong ndeso mas.
1 jam, 2 jam, hingga larut malam terus
berselancar wuzzz, ternyata banyak pilihan untuk trayek jogja-jakarta.
Sebenarnya saya adalah E3 mania sang pemanah asal Muntilan, tapi kali ini pgn
jg ngrasain jagoan lainnya. Ada beberapa pilihan seperti Maju lancar,Santoso,PK
vip,Ramayana seri E dan B,KD vip,Rosin exe dan SE, OBL exe dan SE,Lorena exe,Sinar
jaya patas ac, Dieng Indah patas,Handoyo vip,Sumber Alam patas,dll. Pilihan
teratas saat itu ada OBL SE dan rosin SE tp setelah beberapa kali mendengar
kabar kurang sedap seperti jok udah doll, SE berasa exe, dan larinya yang kayak
keong keladi. Mengingat saya pecinta bis yang recomend ngeblong. Meng klik
laptop berkali2 akhirnya satu jendela mozilla ku membuatku terpana. Dia adalah
PK kelas exe (bukan VIP loh) yang baru buka line jogja-jkt sekitar sebulan yang
lalu. Berlivery nano nano berdapur pacu MB OH 1626 ber airsuspension dengan balutan jetbus
standart non HD adiputro. 1626 yang kala itu masih anget2nya di bicarain banyak
orang,wah patut dicoba ini(dalam hatiku mengeram ngeram).
Keesokan harinya, tepat pukul 11.00 cuzz terminal
giwangan. Naik deh transjogja yang aman dan nyaman untuk menuju ke terminal
giwangan dengan ongkos murahnya seharga 3000 rupiah. Transjogja ini memang
tarifnya jauh dekat tetap 3000 rupiah syaratnya ketika berganti bis di shulter
tidak meninggalkan shulter hingga bis berikutnya dengan tujuan anda datang.
Sampe di terminal giwangan langsung menuju kios-kios
agen bis malam di lantai 2 terminal ini. “bade tindak pundhi mas?”ucapan calo
menggapai para calon penumpang.(mau pergi kemana mas?) senjata andalan yang ku
ucapkan adalah “maaf mas uda punya tiket”hehehehe, bisa ditiru tuh mas-mas.Sebenarnya
uda langganan ama kios pojok yang melayani ramayana,sungkan juga sih waktu di
sapa”halo mas Bayu, mw kmna mas?” eeaa eeaaa... bingung beser beser dikit
gtu,hahahaha. Langsung aja ku jawab, mau nganter sodara mbak,hehehe. Ngeles
dikit boleh lah. Masuk ke agen PK ajak jauh dari agen ramayana,“hari ini ke
Jakarta masih ada mbak?”tanyaku.”Ada mas,masih banyak,untuk berapa orang
mas?”jawab mbak penjaga agen PK nya.Lalu ku jawab lagi “ sebentar mbak, PK nya
kelas vip apa exe mbak?”Mbaknya menjawab”kalo dari jogja ke jakarta gak ada
kelas exe adanya vip mas untuk PK,murah kok mas harganya 130 ribu sama kyk
KD”.Tak mau kalah aku jawab lagi”Bulan ini PK buka kelas exe mbak untuk jurusan
jogja-jakarta, kira kira mbak bisa nyariin gak?”eh tiba-tiba mbaknya nyolot”gak
ada mas,saya disini jualan tiket uda lama dan gk ada PK exe yang ada
vip”.yaudah deh daripada rame mending gak jadi beli disitu.Ketika akan
meninggalkan agen PK tsb tiba-tiba ada ibu-ibu penjaga agen yang di sebelah
seberang agen PK yang nyolot tadi mangil saya”sini-sini mas,ada yang bisa saya
bantu?”celoteh ibu yang ternyata juga melayani tiket PK.”saya mau naik PK tapi
kelas exe buka vip bu,bulan ini uda dibuka PK kelas exe untuk
jogja-jakarta.bisnya ada di garasi janti”jawabku.Ibu itu menjawab “sebentar
mas,saya telpon agen janti dulu y mas’.(sepertinya ibu ini sudah menguping
pembicaraanku dengan agen PK yang sebelumnya.walah jadi malu.hehehehehe)
Setelah menutup telpon ibu tsb bilang” iya ada mas baru buka kelas exe,ini ibu
juga baru tau”.Akhirnya lega juga,hehehehehehe.Karna baru buka kelas exe jumlah
penumpang masih beberapa biji saja, Untung hot seat masih kosong,tanpa pikir
panjang,langsung booking deh,asyeeekk.
Keesokan hariny tepat pukul 14.00 saya meluncur
ke terminal giwangan,jadwal bis take off pukul 14.30.Setelah melunasi harga
tiket PK EXE dgn bandrol 170 rb(sbnrny sih 150 rb kl dr janti)tak apalah, yang
penting mental mentul.
Sambil nunggu si nano-nano datang,modal sebuah
kamera berkeliling terminal jeprat jepret bis yang sore itu memenuhi parkiran
bis malam.Sore itu dipenuhi kumpulan sinar jaya,ramayana palembangan,PK vip
berjejer lurus hingga dieng indah patas ac jrusan jkt,handoyo pun turut
meramaikan terminal ini,di sisi patas bis-bis seperti efisiensi,riyan
transport,citra adi lancar dan eka mendominasi terminal ini.Jam sudah menunjukkan
pukul 15.00 namun si nano-nano tak kunjung tiba,
Tiba-tiba warna kuning mulus mengalihkan
lamunanku.Ternyata si nano berbalut jetbus adiputro berdapur pacu 1626
melintas,saya pun segera memberi tahu ibu agennya,ibu agennya mengatakan,”bukan
mas,saya belum ditelpon pihak PK”,namun saya tetap menjelaskan kl kelas exe
untuk PK hanya 1 x pemberangkatan,ternyata benar,ibunya jadi malu.hahahahahaha
Langsung duduk manis depan sendiri dan turun
kembali untuk memotret kegemolan ini bis yg masih mulus,potret sana potret
sini,cekrik cekrik,(biarin meski dilihatin byk orng)
Kurang lebih 10 menit transit di giwangan.15.50
bis meninggalkan giwangan.Langsung disambut kepadatan pemakai jalan raya.Bis
dipacu santai namun sliyut sliyut,pinter cari celah driver satu ini. Dengan
berbekal air suspension kenyamanan sangat terasa,namun mungkin karena bukan
jenis jetbus HD cm jetbus biasa jadi airsus nya agak kurang mentul-mentul,untuk
seatnya kanan kiri sama 8 baris,kalau ingin longgar pilih yg kanan karena yang
kiri harus merapat dengan adanya pintu belakang.Tidak mendapat jatah
snack,laper dikit juga,hehehe.Ngambil beberapa penumpang di agen kemudian bis
masuk terminal jombor sebentar.Hujan deras pun menemani perjalanan sore ini.
Setelah beberapa kali bertanya akhirnya saya
mampu bercengkerama dengan driver yang berperawakan gemuk dan berwajah gak bisa
sabar,(maaf ya pak) kali ini menilai orang dari luarnya,(saya suka
driver-driver model gini nih..pasti ngeblong bawaannya).moga aja ya.
Ternyata driver ini eks metropolitan.Dan baru
pertama kali ngeline bareng PK. (kok Cuma 1 drivernya) tanya dalam
hatiku.Ternyata oh ternyata driver asli bis ini sudah menunggu di agen gak jauh
dari terminal jombor.Pergantian driver langsung dilakukan ini batangan asli
driver yang berperawakan gemuk dan lucu ini.Cara bawaknya sangat alus namun
garang di jalan bung!terbukti baru masuk ring road yang padat merayap beberapa
bis langsung dilahap seperti KD berbaju selendang setra RK,sinar jaya old setra
king,hingga handoyo falcon AK dilibas dengan mudah.Baru beberapa jam di dalam
bis sudah disuguhi atraksi menyenangkan menurut saya,jantung dibuat nyut nyutan
salip kanan dengan jarak yang sangat ngepres dengan kendaraan dari arus
berlawanan.
Setelah beberapa kali mampu mencuri sela-sela di kendaraan yang
antri padat merayap,ketika akan menyerobot masuk barisan truk ternyata truk di
depan tidak memberi celah,ahasil datang truk dari arah berlawanan dan akhirnya
bis yang saya tumpangi berhenti berhadapan-hapan dengan truk dari depan yang
datang dari arah berlawanan,marah-marah deh sopir truknya sambil bilang
“a*u”.sambil tersenyum driver idolaku ini bilang”ra tau urip nek dalan yo
kowe!”(gak pernah hidup di jalan ya kamu!”.keren kan,yuhuuu(menurutku loh)
Masuk terminal muntilan kemudian terminal
magelang,keadaan jalan yang ramai membuat driver membawa bis berjalan santai
berlenggok-lenggok dengan suspensinya.Begitu masuk tol bis dipacu lumayan
kenceng.Namun masuk tol krapyak semarang terjadi kemacetan panjang hingga harus
berhenti total sekitar setengah jam.Entah apa penyebab kemacetan parah
ini.Tiba-tiba kelap kelip cepat lampu sein warna kuning dari arah belakang dan
beberapa klakson dibunyikan.Wuzzz..parade bis haryanto the ocean new marco rk8,rosalia
indah berbody newmarco 1525,shantika skorking scania hingga muji jaya newmarco
1526 pada buka jalur diikuti bebrap truk kecil dan mobil pribadi.Sambil
menunggu kesempatan untuk ikut parade buka jalur driver yang satu ini
menggertak”wasseemmm diblong haryanto piye ki”perlahan-lahan mampu menutup
jalur truk mesti sedikit ada gesekan dengan sopir-sopir truk yang marah kena
plentongan bis yang aku tumpangi ini,hehehe.Akhirnya sang sopir pun mampu
ngekor di parade kendaraan-kendaraan yang pada buka jalur.ternyata penyebab
kemacetan,truk yg selip dan melintang di tengah jalan tol,terlihat banyak
korban kemacetan seperti NS04 irizar (emane.hahahaha) NS01 entah yang k310 atau
k380,harjay galaxy airs,hingga ramayana penari berbody new setra kuler.”Lancar
jaya”itulah kicauan sang driver setelah keluar dr kemacetan.Tidak lama kemudian
bis mengisyaratkan sein kiri pertanda apa hayoo??yap benerr banget,laper dan
makan asyekkk.Pukul 23.40 masuklah pelataran RM sendang wungu,diparkirlah di barisan
samping RM ini bareng pk-pk yang lain.Jatah makan di RM sendang wungu sama kayak
jatah makan prasmanan di kawasan gringsing pada umumnya untuk bis malam.5 menit
ludes nasi di piring saya,sembari menunggu bis berangkat lagi,saya sempetkan
melihat beberapa bis yg singgah di RM ini,ada lorena berbaju newmarco bertuliskan
1725 (padahal Cuma 1521) coyo yg ber seat kanan 3 kiri 1 (apa nih
maksudnya,hehehehe)krng paham bermesin apa.Shantika newmarco HD 1526,kramat
djati selendang newmarco bersekat dan bermesin RG.”tet tet”tanda bis mau
melanjutkan perjalanan.Drivernya saya tnya “kok gak ganti pak?”dijawab “terus
wae lah nek ngantuk yo minggir,”keluar senang wungu saatnya mencuci mata
dulu,tolah toleh kanan kiri melihat-lihat kanan dan kiri jalan penuh dengan
aktifitas bis malam yang sedang rehat untuk makan,seneng juga lihat
beginian,hehehe.Jam-jam segini memang jamnya bis-bis malam ramai di pelataran
RM daerah gringsing,apalagi tadi kecebak macet bareng-bareng jadi masuk RM juga
bareng-bareng.Memasuki tanjakan plelen 1626 ber airsus ini mampu melahap (meski
agak bersusah payah) beberapa bis seperti haryanto 76 pelukis malam rk8,KD
setra RK jakarta, sinar jaya kuler(ngedennya mulai kelihatan kalo ditanjakan
ini),PK newmarco 1525,lorena evobus 1521.Karna mata uda gak bisa di ajak
kompromi terpaksalah tarik selimut dan rebahan di seat aldilla yang masih baru
ini.Bangun-bangun jam sudah menunjukkan pukul 03.30 pagi dan bis melaju kencang
sendirian di jalanan kecil dan sepertinya jalan desa,entah daerah mana, dan
sopir pun udah berganti tangan ke driver pertama yang dari giwangan
tadi.Sepertinya daerah indramayu dan tidak lewat jalur utama mungkin karena
dapat telpon dari PK sebelumnya kalo terjadi kemacetan panjang di daerah
indramayu.Wasallam tidak ada isitrahat untuk sejenak di RM UUN karena tidak
lewat jalur biasanya.hemmm..Pembawaan driver yang satu ini tidak kalah seram di
jalan,bis dipacu sangat kencang melaju sendirian di jalan kecil,tidak ada bis
lain yang ada hanya beberap truk kecil dan mobil-mobil pribadi.Mungkin karena
driver baru di PK jadi bapak ini selalu mengajak ngobrol dan
membangga-banggakan kernet dan driver yang sebelumnya dan selalu banyak
bertanya.(pedekate ya)hahahaha.Beberapa kali mampu meliuk-liuk di kecepatan
tinggi,”lihai juga cara bawaknya”ucapku dalam hati,namun kurang smooth dari
driver sebelumnya.Lagi-lagi kena damprat dari warga,dibilang lagi “sabar
monyet”hahahahahahahaha pasti orang sunda nih dari logat bicaranya(mungkin kalo
dijawa timur a*u ya).Ternyata tembusan jalan ini langsung ke simpang
jomin,pukul 06.00 jalan mulai dipadati lalu lalang kendaraan pribadi yang akan
berangkat kerja dan sekolah.Masuk tol cikampek kepadatan tidak terlalu ramai
hanya beberapa bis berjalan santai seperti sinar jaya,luragung dan komplotannya
dan bis-bis parwis.Kemudian masuk pom rest area tol cikampek untuk ngisi
solar.Ternyata bis ini yg lebih dulu sampai di pom untuk jatah jogjaan,padahal
bis ini berangkat paling terakhir dari jatah jogja.Josss plus semriwing ngeliat
cara jalannya di pantura semalem.Di rest area ketemu tunggal daya phoenix entah
rg ato rk,SSM jetbus livery baru 1526,sumber alam sr1 dan PK jatah semarangan
1525.Lanjut masuk ke tol dalam kota terjadilah macet dimana-mana.Hadewh.Masuk
rawamangun jam 9 pagi.Ucapkan terima kasihlah pada driver dan kernetnya.
Recommend buat yang suka ngeblong jogja-jakarta
sekian dulu yaaaa
2 komentar:
Mantap masBro kisah kasihnya bersama PeKa. Eniwei, itu baris 8 cukup nyaman buat selonjoran kah? Maklum, akhir Maret nanti mau jajal ke WNI pake PeKa W5. Salam.
Sorry baru balas gan, Untuk seat peka sendiri beda-beda gan, kalau pakek armada jetbus 1626 berarti tata letaknya sama kayak cerita diatas.Kalo armada jetbus 1526 beda lagi tata letaknya.kalo pengin selonjor cari seat deretan belakang sopir gan...hehehehehe..Semoga membantu gan
Posting Komentar