Jumpa lagi pemirsa,lagi males
ngerjain skripsi yaudah nulis artikel aja daripada jadi awu-awu terminal.kali
ini saya mau berbagi pengalaman saya rute touring sby-jkt via pantura.
Line mlng-jkt adalah rute
panas yg byk pemain di dalamnya,seperti lorena-karina,kramat djati,PK,OBL,malino
putra,GH,haryanto dll.Dari rute ini banyak PO yang berlomba-lomba untuk menarik
peminat dari armada yang mumpungi hingga pelayanan crew yang memanjakan penumpang.
Setelah beberapa kali melihat
situs-situs di internet tentang rute ini dan bertanya pada teman-teman bismania maupun bmc,banyak
rekomendasi untuk mencoba armada terbaru dari OBL kalo gak salah dinamai
kinglong berwarna dominan warna coklat.Dengan tidak ragu lagi akhirnya langsung
telpon agen terdekat yaitu terminal bunder gresik karena lokasi saya berada di
gresik.Langsung minta OBL dari malang ke jakarta,namun ternyata apes (hufth) tinggal
1 tempat duduk paling belakang samping toilet,kecewa?banget(kok ndengaren penuh
ya padahal masih 1 hari lagi berangkatnya),gagal menyusuri pantura dengan
mencoba mesin garapan cina tersebut.Akhirnya terpaksa berpindah haluan,cari PO
lain yang kiranya mampu menjadi pelipur lara.hiks hiks (cepat milih
nih,dikarenakan esoknya harus sampai ibukota karena ada sedikit pekerjaan).Ada
PK dengan warna nano-nano namun uda pernah naik PK,ada KD tp juga dengan alasan
yang sama,jeng!!! Jeng!!! Pilihan akhirnya jatuh ke si biru ombak laut malino
putra kencana,alasan saya memilih PO ini karena pertama saya belum pernah
nyobain ini PO,kedua embel-embelnya “jalur darat pelayanan udara”hohohohohoho.
Pesanlah 1 tiket menuju
ibukota, mungkin karena menghibur diriku yang agak kecewa karena gagal mencoba
si kinglong si tukang agen yang juga teman dekat saya tetek mbengek ngowos sana
ngowos sini selalu bilang kalo “malino juga bagus lo,bis nya baru-baru”dalam
hati saya pun menjawab “baru dengkulmu bis aja kebanyakan masih makek 1521 -__-
“ Tapi tak apalah, melihat di jalur ini malino sering jalan dengan skorking
atau galaxinya.
Jam menunjukkan pkl 16.00(keesokan
harinya),saya segera bergegas ke terminal mbunder gresik,menunggu dan berharap
dapat skorking nya malino,sambil menunggu datangnya bis yang aku
tumpangi,hunting dulu yuk di terminal tempat singgah bis-bis dari arah denpasar
yang menuju pantura seperti semarang,jakartaan ini.Armada-armada seperti
kinglong yang diharepin,kemudian ada GH 1626 jetbus HD yang berangkat 2 unit
pada hari itu 1 dari malang 1 dari surabaya,kumpulan lorena berbagai body
hingga PK,KD,haryanto,tiara mas,langsung indah,rasa sayang,jaya utama,indonesia,dll
mulai meramaikan terminal ini.Setengah 5 sore pas gak kurang gak lebih (mungkin
gak macet) bis yang aku tunggu-tunggu masuk terminal mbunder,dan ternyata
memang benar yang bakal saya tumpangi adalah skorkingnya malino, dapat
dipastikan itu tunggangan saya karena PO yang saya pilih buat ke jakarta ini hanya
memberangkatkan 1 armada untuk tujuan malang-jakarta setiap harinya(kalo ramai
biasanya bisa 2 unit).Berbalut skorking tentrem dengan livery khas biru laut yang
masih mulus bernomor lambung(bukan rosin lo!) P16 walaupun masih berchasis
1521.Mungkin bis ini emang benar harus dicoba.Mengingat PO ini kebanyakan hanya
memakai mesin OH 1521 di hampir semua armadanya.
Dari terminal mbunder ternyata
hanya mengangkut 1 penumpang yaitu cuma saya,hehehehe...5 menit kemudian bis lagsung
cauww keluar terminal.Duduk di seat no 17,tolah toleh gak bisa lihat bis ini
berlenggak lenggok dong(hahahaha),Agak lama kewa kewe,melihat semua penumpang
dapat snack la saya kok gk dapat?berjalanlah saya ke kondekturnya minta snack
dan dikasih,horeeee buat ngganjel ni perut(elit snacknya ketimbang PO-PO lain
lo
.Kemudian saya lihat seat no 2
kosong gak ada yg nempati (entah gak ada apa belum ada) akhirnya saya bilang ke
kondektur P16 ini untuk pindah ke seat no 2,dan kondektur menjawab “oh iya mas”
Nama kondekturnya yaitu bang pardi(orang sunda nih ketahuan dari logatnya).(kenalan
dulu biar kenal).Muda,bersih,kurus dan selalu memakai topi (tiap ketemu mesti
melambaikan tangan dengan memakai topi,gak di rawamangun,gak di pom mbunder,gak
di mbungurasih)hmmm.dan satu lagi untuk bang pardi yaitu digandrungi banyak
wanita yang menjaga agen itulah bang pardi,wwwasyeeeekkkk!!!!Saya bisa bilang
bagitu karena apa???karena tiap ngambil penumpang dari terminal mbunder hingga
tuban beliau selalu mendapat kotakan(entah apa isinya).Selalu terdengar dari
setiap wanita penjaga agen selalu bilang”ni buat di jalan bang biar gak
kelaperan”(kenyang-kenyang deh).
Pindahlah saya ke
hotseat,wkwkwkwkwkwkwk.Setelah beberapa kali memperhatikan interior bis,bis ini
terkesan rebody,rebody yang mengikuti jaman dan bisa dibilang jempol,karena
sudah terlihat modern dengan dasboard dari kayu,dan lampu led di lantai dan
atap layaknya skorking pada umumnya yang sudah memakai mesin baru.
Dari
kondektur geser sedikit ke driver,driver pinggir P16 ini berbadan gemuk
berkacamata dan bisa dibilang tua.Cara membawa bis alus dan santai (“ngeong,alamat
nelen ludah sering-sering kalo gini”ucapku dalam hati),tidak lupa pakek jas dan
dasi (ciri khas PO ini)
Selepas terminal terjadi
kemacetan panjang(udah biasa bos) sopir ini tidak tipe sopir yang nyelonong
boy.tetep kalem di jalur aman yaitu ngantri.ngung!!Jaya utama body nucleus
ngambil jalur lawan dengan PD(dalam hati “widih keren nih sopirnya”).
Masuk
lamongan,tet tet!dari kanan PK nano-nano 1526 mlng-jkt ngintip-ngintip dan
sopir P16 ini langsung memberi jalan mulus (monggo mas) tanpa ampun langsung di
asepin (nyesek), tak apalah mesin emang kalah jauh,relaaaa! sampai di stadion
surajaya giliran di asepin sodara mudanya PK tadi, kali ini jetbus nano-nano
1626 airsus mlg-jkt (ngenes) lagi-lagi sang sopir memberi jalan mulus.Masuk tuban
diasepin (terus) langsung 2 bis,di asepin KD travego smile RK mlng-bndng dan PK
jetbus nano-nano 1526 dengan lampu sein belakang warna biru mlng-bndung bis(haduh).Kedua
bis ini melaju saling men take over 1 sama lain.namun kedigdayaan RK KD ini
lungsur oleh 1626 PK(jossss) tak lama kemudian sopir ini mampu membalikkan
kedudukan,mampu mbolongi KD RK tadi,nguntit deh dibelakang PK 1626.
Masih disekitaran tuban malah
lebih mengejutkan ternyata,di take over ama bis patas jaya utama.(hmmm,tarik
nafas dalam-dalam).Rupanya bang pardi mengetahui kalo aku ternyata tidak bisa
duduk dengan tenang karena beberapa kali “mrengut” diblong beberapa bis.Bang
pardi pun menghampiriku dan bilang”nanti mas driver yang asli sambil tersenyum”
Sein kiri dinyalakan disusul
lampu interior dinyalakan,masuklah pelataran RM taman sari tuban.Di RM ini
terlihat juga tadi GH 1626 yang start duluan dari mbunder uda parkir
duluan.Apapun bis yg service makannya di RM taman sari ini pasti dijamin untuk
kelezatan makanannya gk diragukan lagi.
Hap hap hap habis 1 piring
dalam 5 menit(bukan habis ngengkol becak lo y tapi laper karena sering menghela
nafas dalam-dalam di asepin terus) Setelah kenyang,barulah saya hunting bis yang
nangkring di taman sari,kali ini cuma ada 1 GH 1626 airsus jetbusHD adiputro,(biasanya
ada juga lorena tapi kali ini gak nemu) kemudian berjalan ke sebelah taman sari
nampak RM PK,banyak nangkring PK dari maduraan dan malang hingga denpasar disini.
Tet tet!tanda bis akan
melanjutkan perjalanan kembali.Pergantian driver terjadi,kata bang
pardi"ni sopir aslinya" badannya gemuk dan bermuka agak garang.menurutku
cara membawa bis ini gak terlalu ngeblong sih,tapi gak terlalu pelan juga.Sopir
tengah yang ini lebih berani nyalain sein kanan gak kayak sopir pinggir
tadi.Sangat alus mengemudikan 1521 ini anteng dan bikin tidur gak sering
kebangun.Namun tetap gak kayak keong dunk pastinya.
Selepas RM taman sari bang
pardi langsung duduk disamping saya yang saat itu kebetulan juga kosong sembari
membawa beberapa pilihan kaset film untuk diputar.”mau film yang mana mas?tanya
bang ardi,(eh busyet ane disuruh milih,asyeeekk) “ini aja bang”film expendable
1 pilihanku(maaf ya buat penumpang lain harus nurut ane filmnya).pilihan
kasetnya ada beberapa film seperti expendable 1 dan 2,hancoock,treasure
national,007 dan matrix.Sepanjang jalan gak nemuin kendaraan yg berbentuk bis
sama sekali hanya banyak kendaraan pribadi dan truk-truk besar yang
panjang,tidak kesulitan melayap mobil-mobil dan truk besar dan panjang bagi
sopir tengah ini.Yaudah pasang lebar-lebar selimut dan letakkan bantal untuk
kepala dan siap nonton film dulu layaknya nonton di kamar sendiri,duduk di
depan sendiri pula jadi suara filmnya terdengar sangat jelas ketimbang yang
duduk di tengah maupun belakang.hohohoho.expendable 1 kelar lanjut expendable 2
diputer namun mata sudah tidak bisa berkoordinasi dengan baik berarti waktunya
merebahkan diri sejenak karena dijalanan gak ada yang bisa dilihat kecuali
truk-truk besar yang melintas.sliyuttt sudah di alam mimpi(nggrrroooooookkkk!!!!)
Entah berapa jam saya
tertidur,bangun-bangun tv sudah mati dan suasana dalam bis sunyi,hanya suara
mesin dan dengkuran beberap penumpang yang kelelahan karena perjalanan.Lihat
kanan dan kiri sebentar sambil menggenapkan nyawa,ternyata sudah masuk tol
semarang.Disini semua mulai hidup dan ramai balapan liar,wowowowowowo.Lancar
dan tidak macet tiba-tiba wuzzz (eh busyet bikin kaget) dari kiri shantika
jetbusHD dengan tulisan “elegant” di kaca depan dengan mudah melewati 1521 ini
dan langsung menghilang tanpa jejak.Tak lama kemudian take over manis
ditunjukkan Nusantara HS 007 jetbusHD RK8 kepada 1521 yang saya tumpangi dan
tak mau kalah NS 04 irizar scania 360 menguntit dibelakang HS 007, keduanya
lagnsung ilang entah kemana,tak mau jadi bulan-bulanan 1521 ini mampu melibas
ramayana penari setra dengan kulernya,ngunggggg!Raya SR1 1521 menjadi korban
berikutnya.Masuk gringsing waktunya menyejukkan mata dengan melihat lampu led
bis-bis malam yang sedang rehat di rumah makan sekitaran gringsing.Memasuki tanjakan
plelen 1521 ini mampu menguntit gajah mungkur body proteus yang sama-sama
memakai 1521 namun karena tanjakan akhirnya gak bisa ngasepin GM tsb malah
jalan pelan beriringan kayak pawai.hmmm.Ngeden mesin mulai menderu menapaki
tanjakan ini.tet tet!! Kedua bis ini malah di salip enak-enakan sama bejeu
skorking rkjoss,mungkin mesin hino rkjossnya sambil menertawakan mesin kami
yang ngos ngosan melahap tanjakan ini,hahahahaha
Memasuki pemalang enak-enak beradu
speed dengan para jagoan pantura, eh malah nyalain sein kiri dan berjalan pelan
layaknya mobil yang sedang trouble,tak lama kemudian menyalakan kedua sein
tanda darurat untuk mobil.Mobil dipacu pelan kemudian diliuk-liukkan dan
sebentar di gas dan sebentar di rem,”kenapa bang?”tanya bang pardi ke sopir
tengah ini.Sang sopir pilih diam dan mencoba mencari terus mana yang trouble
dan mencoba mengetahui apa yang
dirasakannya tidak enak pada kondisi bis ini.tak lama kemudian bis berhenti di
pinggir jalan dan sopir bilang ke bang pardi untuk memeriksa bagian bawah bis
pada bagian gas.Dengan cepat bang pardi tanggap dengan omongan sang sopir dan
langsung melepas pakaian kemeja ala malino dan hanya mengenakan kaos kutang dan
membawa beberapa alat untuk digunakan membenarkan apa yang trouble.Ketika semua
penumpang terlelap,turunlah aku membantu bang pardi yang sibuk ketika
itu(padahal gak ngerti mesin).15 menit klutak klutik di bawah bis,entah apa
yang dibenarkan,hehehehe.akhirnya selesai sudah dan bang pardi kembali
mengenakan pakaian kemejanya dan membersihkan tangannya yang kotor karena
oli.”kenapa bang?”tanyaku(gak ngerti mesin tapi sok tanya,hahahahaha).”itu
gasnya kalo diinjek gak mau nyantol”jawab bang pardi.”owalah,uda selesai
bang?”tanyaku kembali.”uda mas sip”balas bang pardi.
Perjalanan pun dilajutkan kembali,tak
lama kemudian ngantuk mulai mendekati saya dan hoaaammmmm tidur
lagi(terpaksa).Suasana gaduh membuat saya terbangun dan melihat sekitar(sambil
mata kriyep kriyep mencoba membuka mata), bis sudah masuk pom langganan PO
ini.Beberapa PO ini berkumpul disini untuk mengisi solar dan ternyata cecker
penumpang dilakukan juga disini (kalo PO lain biasanya di RM sekitar gringsing
kalo gak ya di terminal pekalongan atau pemalang).turunlah saya sambil ngobrol
dikit dengan bang pardi.”Gak rest di RM lagi bang?diantara banyak dari
pertanyaanku ke bang pardi.”enggak mas disini rest yang kedua”jawab bang
pardi.Mengetahui jawaban bang pardi saya langsung bergegas membuka snack dan
kumakan,kan tadi belum kumakan,hehehe.sreeett pop mie ukuran mini kubuka dan
sembari berjalan ke belakang bis samping toilet disitu ada smooking room yang
ada teko ajaibnya,eh buka dispenser.Bikin deh pop mie dulu buat ngganjel perut.
Sekitar 20 menitan bis rest di
pom daerah pamanukan.Setelah itu bis kembali melanjutkan perjalanan dan nakoda
kembali beralih ke driver pinggir yang bawa bis ini dari mbunder tadi.(hadewh
alamat wes!!!)dalam hatiku menggerutu.(tau sendiri kan pembaca gimana tadi
perjalanan bareng driver pinggir ini)hufthhhhh. Kalo driver ini dibuat melek
malah bikin sakit hati berhubung bawaknya kalem dan santai, dibuat tidur aja
pasti nyenyak.tarik lagi selimut dan melungker.ssssttt!!!!!
Tet tet!!klakson bis
membangunkanku dari tidur,lagi-lagi melihat sekitar,ternyata sudah memasuki
gerbang tol cikampek dan jam sudah menunjukkan pukul 6 pagi.Di tol ini bis ini
dipacu santai.Sambil menikmati perjalanan,tiba-tiba bang pardi “ayo bikin kopi
atau pop mie lagi,sarapan sarapan”dengan semangatnya bang pardi
mengajakku.kuikutilah bang pardi ke belakang bis yang ternyata banyak menyimpan
snack-snack yang masih tersisa.hehehe.bikin deh kopi dan pop mie itung-itung
buat sarapan (ngirit).hehehehe.masuk tol dalam kota macet dimana-mana.beberap
bis terpantau dalam kemacetan seperti haryanto netral rk8, metropolitan parwis
1526, lorena new setra kuler, hingga sandy putra bumel AK jember-jkt(eh eh gimana tuh rasanya naik itu
bis sampai jkt).turun di terminal ramawangun jam 9 pagi(wajarlah kalo macet,dan
tidak terlalu molor-molor banget).
Bagaimana ceritamu????
0 komentar:
Posting Komentar